top of page

Terang Bulan a.k.a. Martabak Manis


Sudah pernah post resep terang bulan sebelumnya, tapi setiap bikin ada kalanya gagal. Kali ini, berapa kali bikin pun dijamin berhasilnya. Saat memasaknya di wajan aku gunakan alumunium foil yang ditusuk-tusuk sebagai tutup, lebih efektif daripada memakai tutup wajan yang harus sering dilap bagian dalamnya karena menempel air-air dari uap panas adonan. Hasilnya kue yang empuk dengan pori-pori yang menembus dari dasar hingga permukaan, ditambah toping favorit..alamak lezatnyaaa!

Bahan: (1 takaran untuk loyang wajan diameter 24cm)

- 200 gram self-raising flour

- 60 gram gula pasir

- 1 sdt baking powder

- 300 ml susu cair tawar

- 1 sdt ekstrak vanili (opsional)

- 1/2 sdt baking soda, dilarutkan dalam 1 sdm air

Toping: (sesuai selera)

- mentega

- susu kental manis

- meses

- keju parut

- irisan pisang

Cara buat:

1. Campur baham-bahan kering, tak perlu diayak. Masukkan telur dan susu cair, aduk rata hingga tak ada gumpalan-gumpalan. Tutup dengan plastik dan diamkan selama 1 jam.

2. Panaskan wajan yang telah diolesi sedikit mentega kemudian diseka dengan api sedang kecil, tunggu hingga benar-benar panas. Sementara itu tambahkan larutan baking soda dalam adonan dan aduk cepat, kemudian tuang ke dalam wajan. Bikin kulit pinggiran dengan memutar-mutar wajan, setelah itu tutup dengan alumunium foil yang telah dilubangi di beberapa tempat dan diamkan hingga adonan matang ke permukaan.

3. Pindahkan terang bulan ke piring, olesi permukaan dengan mentega. Tuang susu kental manis dan beri toping sesuai selera. Lipat dan potong-potong setelah agak dingin supaya toping tidak lengket di pisau. Enjoy!

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Twitter Basic Square
bottom of page