top of page

Vla Tart

Nemu cetakan mini tart di toko barang second masih dalam keadaan terbungkus rapi belum terpakai, kubeli dengan harga sangat murah. Jadi ingin mencoba resep-resep tart, salah satunya pai susu atau vla tart. Sebenarnya di sini banyak dijual custard yang sudah jadi maupun bubuk instantnya jadi tinggal isikan ke dalam kulit tart-nya, tapi ingin bisa bikin sendiri. Dan untuk kulitnya aku hanya pakai biskuit yang lebih simpel, kutumbuk pake cowek tidak tapi tidak bisa remuk lembut hahaha.. Hasilnya kulit tart yang renyah dan vla yang manis lembut, yummilicious..

Bahan: (untuk 4 cetakan mini tart)

- 8 keping biskuit tawar, hancurkan

- 45 gram mentega, lelehkan

- 2 butir kuning telur

- 1 sdt ekstrak vanili

- 2 sdm bubuk custard (opsional)

- 250 ml susu cair tawar

- 50 gram gula pasir

Cara buat:

1. Buat kulit tart dengan mencampur remahan biskuit dengan mentega cair, lalu padatkan secukupnya sesuai cetakan. Simpan dalam kulkas.

2. Rebus 200 ml susu cair dengan gula pasir dan ekstrak vanili hingga gula larut. Campur sisa susu dengan bubuk custard dan kuning telur, aduk rata. Kecilkan api, tuang larutan telur ke dalam rebusan susu perlahan sambil diaduk terus sehingga larutan mengental menjadi vla.

3. Isikan vla ke dalam kulit tart dan dinginkan dalam kulkas hingga vla agak mengeras. Nikmati dengan toping buah di atasnya atau krim segar. Enjoy!

Fun food fact:

Custard bervariasi kekentalannya berdasar berapa banyak telur atau pengental yang digunakan. Saus yang encer disebut crème angalise, dan krim kental disebut crème pâtissière seperti yang digunakan untuk mengisi éclairs. Krim kental menggunakan pati (misal tepung jagung) sebagai faktor pengental selain telur.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Twitter Basic Square
bottom of page