top of page

Spinach Roulade


Cari-cari resep olahan spinach, pas ngliat gambar spinach roulade langsung tertarik untuk mencoba. Prinsipnya seperti membuat bolu gulung tapi dengan sayuran dan berasa gurih. Memang butuh alat bantuan seperti belnder atau food processor dan mixer untuk mengocok putih telur jadi agak ribet bikinnya. Karena first trial aku pakai 2/3 takaran dari resep aslinya. Sayang hasilku tidak semenarik itu, hahaha..karena adonannya kurang mengembang. Mungkin lain kali bisa lebih berhasil. Tapi rasanya tetap enak, yummy..

Bahan:

- 40 gram mentega tawar

- 40 gram tepung terigu serba guna

- 640 ml susu cair tawar

- 340 gram spinach

- 3 telur ukuran sedang, pisahkan kuning telur dan putihnya

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdt garam

- 300 gram cream cheese

- 1 sdt mixed herbs (opsional)

- parutan kulit lemon (opsional)

Cara buat:

1. Rebus spinach sebentar hingga layu lalu tiriskan dan cincang kasar. Panaskan mentega di wajan panas, masukkan tepung terigu dan aduk menjadi butiran-butiran pasir, tuang susu cair perlahan sambil terus diaduk sehingga tepung larut dan menjadi larutan kental, tambahkan garam dan merica. Dinginkan.Olah dalam blender/food processor saus kental, cincangan spinach, kuning telur sehingga menyatu.

2. Kocok putih telur menggunakan mixer sehingga setengah kaku (jangan terlalu kaku karena akan sulit melebur dengan adonan spinach) lalu tuang 1/3 ke dalam adonan spinach dan aduk. Tuang kembali 1/3 dan 1/3 sisanya bertahap sambil diaduk balik sehingga tercampur baik dan tetap mengembang.

3. Panaskan oven di suhu 180°C. Tuang adonan di loyang lebar yang dialasi kertas baking dan panggang selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Keluarkan dan balikkan sehingga kertas baking bisa diangkat. Dinginkan.

4. Buat olesan dengan mencampur cream cheese dengan mixed herbs dan parutan kulit lemon. Kemudian oleskan merata di permukaan roulade dan gulung. Enjoy!

Fun food fact:

Kata roulade berasal dari bahasa Perancis rouler yang berarti menggulung. Roulade pada dasarnya adalah hidangan menggunakan daging atau pastry yang digulung, namun istilah itu lalu juga digunakan untuk segala macam hidangan yang digulung.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Twitter Basic Square
bottom of page