top of page

Sweet Potato Brownies


Beli sweet potatoes, ato sejenis ubi manis, untuk bikin kolak. Tapi kepikiran juga untuk nyobain resep brownies pake kentang manis ini, jadi alternatif cemilan sehat untuk anak-anak karena kutambah tepung gandum sebagai pengganti tepung biasa. Memang tidak ditambah gula, manisnya selain dari alami kentang manis dan kurma juga karena ditambah madu (aku pakai golden syrup yang banyak dijual di Inggris sini). Anak-anak suka, yummilicious..

Bahan:

- 500 gram sweet potatoes

- 12 buah kurma, buang biji

- 200 gram tepung gandum (atau bisa diganti tepung biasa)

- 5 sdm madu

- 2 sdm minyak sayur

- 6 sdm coklat bubuk

- sejumput garam

Cara buat:

1. Kukus/rebus sweet potatoes hingga empuk. Potong kecil-kecil kurma lalu tumbuk bersama sweet potatoes. Jika punya food processor atau blender bisa gunakan itu supaya hasilnya lebih halus.

2. Tambahkan tepung dan coklat bubuk, aduk rata. Adonan akan menjadi padat. Tuang madu dan minyak sayur, juga garam. Aduk sehingga adonan menjadi lebih licin.

3. Panaskan oven di suhu 180°C. Tuang adonan di loyang panggang yang telah diolesi mentega dan taburan tepung, atau dialasi kertas panggang anti lengket. Panggang selama kurang lebih 35 menit, jika adonan lebih tebal makan waktu lebih lama, sesuaikan hingga jika ditusuk lidi akan keluar bersih. Enjoy!

Fun food fact:

Sweet potato merupakan sayuran yang berbeda famili dengan kentang biasa, dan memiliki banyak nama di segala penjuru dunia. Ada dua tipe, yaitu berwarna jingga terang dan berwarna krem. Dapat diolah menjadi hidangan manis maupun gurih.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Twitter Basic Square
bottom of page